Pasien di setiap rumah sakit termasuk di Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Sukoharjo pada umumnya mengalami kecemasan. Oleh karena belum optimalnya upaya mengurangi kecemasan pasien sehingga membutuhkan sebuah langkah konkrit yang dilakukan dari pihak Rumah sakit untuk mampu mewujudkan layanan kesehatan yang memusatkan pelayanan pada pasien sehingga pasien merasa nyaman, lebih dihargai saat dilakukan proses keperawatan serta mampu mengurangi cemas pada pasien. Salah satu upaya mengurangi kecemasan pasien melalui model pelayanan keperawatan yang tepat, diantaranya adalah dengan menerapkan Patient Centered Care (PCC). Tujuan dilakukan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan perawat dan tenaga kesehatan lainnya tentang PCC dan pengaruhnya dalam mengurangi kecemasan pasien. Metode yang dilakukan melalui kegiatan ceramah penyampaian materi dan diskusi materi. Sasaran kegiatan merupakan bagian manajemen Rumah Sakit, perawat dari IGD, ICU, dan rawat inap. Hasil yang didapatkan dari kegiatan ini peserta mampu mendemonstrasikan pelaksanaan prosedur PCC. Kesimpulannya adalah perawat, dan tenaga kesehatan lainnya di RS PKU Muhamadiyah Sukoharjo mampu mengoptimalkan dan mengimplementasikan serta meningkatkan pengetahuan berkaitan dengan pelayanan berbasis Patient Centered Care (PCC) dalam upaya mengurangi kecemasan pada pasien Keywords: Cemas, pasien, Patient Centered Care
Copyrights © 2025