Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dasar dan prinsip dari pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), serta mengidentifikasi temuan penelitian terdahulu mengenai efektivitas pendekatan ini terhadap peningkatan kompetensi pemecahan masalah siswa. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah tinjauan literatur sistematik (Systematic Literature Review/ SLR) dengan desain PRISMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RME memiliki tiga prinsip, yaitu (1) Guided Reinvention dan Progressive Mathematizing, di mana siswa belajar matematika melalui eksplorasi dan tantangan bertahap, (2) Didactical Phenomenology, yang menghubungkan matematika dengan fenomena nyata, (3) Self-Developed Models yang membuat model dari masalah yang mereka kenal dan mengubahnya menjadi bentuk matematika yang lebih formal. RME juga terbukti efektif untuk meningkatkan kompetensi pemecahan masalah siswa dengan menghubungkan pembelajaran matematika dengan konteks nyata yang relevan sehingga siswa dapat mengembangkan pemahaman yang mendalam juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang diperlukan untuk memecahkan masalah. Implementasi RME dalam pembelajaran harus disesuaikan dengan jenjang pendidikannya, dan juga mempertimbangkan aspek kognitif dari siswa.
Copyrights © 2025