Jurnal Jendela Matematika
Vol. 3 No. 01 (2025): Jurnal Jendela Matematika: Edisi Januari 2025

Systematic Literature Review: Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education untuk Meningkatkan Kompetensi Pemecahan Masalah pada Siswa

Nurlatifah, Putri Azzahra (Unknown)
Salsabila, Annisa Dea (Unknown)
Azizah, Lintang Najwa (Unknown)
Nurjanah, Nurjanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep dasar dan prinsip dari pendekatan Realistic Mathematic Education (RME), serta mengidentifikasi temuan penelitian terdahulu mengenai efektivitas pendekatan ini terhadap peningkatan kompetensi pemecahan masalah siswa. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah tinjauan literatur sistematik (Systematic Literature Review/ SLR) dengan desain PRISMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RME memiliki tiga prinsip, yaitu (1) Guided Reinvention dan Progressive Mathematizing, di mana siswa belajar matematika melalui eksplorasi dan tantangan bertahap, (2) Didactical Phenomenology, yang menghubungkan matematika dengan fenomena nyata, (3) Self-Developed Models yang membuat model dari masalah yang mereka kenal dan mengubahnya menjadi bentuk matematika yang lebih formal. RME juga terbukti efektif untuk meningkatkan kompetensi pemecahan masalah siswa dengan menghubungkan pembelajaran matematika dengan konteks nyata yang relevan sehingga siswa dapat mengembangkan pemahaman yang mendalam juga mengembangkan keterampilan berpikir kritis yang diperlukan untuk memecahkan masalah. Implementasi RME dalam pembelajaran harus disesuaikan dengan jenjang pendidikannya, dan juga mempertimbangkan aspek kognitif dari siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Jendela Matematika dengan ISSN 2985-9875 (online) dan 2986-7134 (cetak) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang matematika, pendidikan matematika, statistika, pengembangan pembelajaran ...