Pertanggung jawababn social (CSR) merupakan salah satu startegi yang diterapkan oleh suatu perusahaan guna meningkatkan citra atapun reputasi suatu perusahaan. Begitupun di UMKM Qo’im Barokah, juga melaksanakan pertanggung jawaban social. Sehingga tujuan dari penelitan ini yaitu untuk mengetahui penerapan Komitmen Pertanggungjawaban Sosial yang dilakukan oleh UMKM Qo’im Barokah diKabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif, dimana data dari penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dari narasumber yang kemudian diintreprestasikan hasilnya dan kemudia dicocokan dengan laporan keuangan yang disusun oleh UMKM qo’im Barokah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa UMKM Qo’im Barokah menerapkan pertangungjawaban social (CSR) pada 3 aspek atau sering disebut triple bottom line, yaitu people, planet dan profit. Penerapan komitmen CSR ini membawa dampak yang baik bagi Qo’im Barokah. Produk Qo’im barokah diterima masyarakat sehingga keberlangsungan usaha dapat bertahan hingga saat ini, selain itu juga komitmen CSR yang diterapkan qo”im barokah membawa kebermanfaatan untuk masyarakat sekitar Qo’im barokah dengan memberikan lapangan usaha bagi masyarakat sekitar dan Qo’im barokah menyisihkan sebagian keuntungan daru usahanya yang kemudian digunakan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.
Copyrights © 2023