Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 8, No 1 (2023): Bioedusiana

Pengembangan E-Modul Berbasis Mobile Menggunakan Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Biologi Materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan

Rozi, Fahrur (Unknown)
Khasanah, Ana Meilyani Khusnatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penggunaan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka di SMA. Kegiatan pembelajaran di dalam kelas masih banyak siswa yang kurang fokus terhadap materi yang diberikan guru, dikarenakan kurangnnya penggunaan bahan ajar sehingga proses belajar mengajar di kelas belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar e-modul menggunakan aplikasi canva pada mata pelajaran Biologi kelas X untuk mendukung proses pembelajaran. Metode penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (RD). Model pengembangan 4D Thiagarajan, Semmel dan Semmel, (1974) terdiri dari 4 tahap, yaitu: tahapan Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) and Disseminate (penyebaran). Subyek penelitian ini meliputi 1 ahli media, 1 ahli materi dan 34 peserta didik kelas X SMA. Hasil dari pengujian produk yang dikembangkan berupa analisis instrumen, e-modul dinyatakan “Sangat Layak” digunakan sebagai bahan ajar dengan perolehan nilai keseluruhan aspek yaitu oleh ahli media sebesar 83%, ahli materi sebesar 90%, uji kelompok kecil 91% dan uji lapangan sebesar 88%. Jadi berdasarkan hasil yang diperoleh, maka bahan ajar e-modul menggunakan aplikasi Canva pada mata pelajaran Biologi di kelas X SMA layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran di kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bioed

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education

Description

Bioedusiana adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (Juni-Desember) yang mempublikasikan hasil penelitian orisinal tentang pendidikan Biologi dan Biologi. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, teori, perspektif, paradigma, dan metodologi dalam kajian ilmu Pendidikan ...