Penggunaan kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka di SMA. Kegiatan pembelajaran di dalam kelas masih banyak siswa yang kurang fokus terhadap materi yang diberikan guru, dikarenakan kurangnnya penggunaan bahan ajar sehingga proses belajar mengajar di kelas belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar e-modul menggunakan aplikasi canva pada mata pelajaran Biologi kelas X untuk mendukung proses pembelajaran. Metode penelitian pengembangan ini adalah Research and Development (RD). Model pengembangan 4D Thiagarajan, Semmel dan Semmel, (1974) terdiri dari 4 tahap, yaitu: tahapan Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan) and Disseminate (penyebaran). Subyek penelitian ini meliputi 1 ahli media, 1 ahli materi dan 34 peserta didik kelas X SMA. Hasil dari pengujian produk yang dikembangkan berupa analisis instrumen, e-modul dinyatakan “Sangat Layak†digunakan sebagai bahan ajar dengan perolehan nilai keseluruhan aspek yaitu oleh ahli media sebesar 83%, ahli materi sebesar 90%, uji kelompok kecil 91% dan uji lapangan sebesar 88%. Jadi berdasarkan hasil yang diperoleh, maka bahan ajar e-modul menggunakan aplikasi Canva pada mata pelajaran Biologi di kelas X SMA layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran di kelas.
Copyrights © 2023