Kemampuan literasi digital dan berpikir tingkat tinggi perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Namun, proses pembelajaran belum sepenuhnya menerapkan media pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan literasi digital dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Pembelajaran di sekolah masih didominasi oleh guru dan peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan yang dikemukakan tersebut adalah dengan mengimplementasikan E-book berbasis HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi E-book berbasis HOTS pengaruhnya terhadap kemampuan literasi digital dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk menilai literasi digital dan soal pretest posttest untuk melihat kemampuan berpikir tingkat tinggi. Perangkat telah divalidasi ahli oleh pakar dan validasi empirik di kelas lain diluar kelas perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t- test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan E-book berbasis HOTS terhadap kemampuan literasi digital dan berpikir tingkat tinggi hal ini dibuktikan diperoleh nilai perhitungan untuk uji hipotesis adalah 0,00 0,05. Hasil kemampuan literasi digital di kelas eksperimen memperoleh rerata nilai 74% kategori baik dan kelas kontrol memperoleh rerata nilai 52% kategori kurang. Kemampuan berpikir tingkat tinggi kelas eksperimen memperoleh nilai 0,67 kategori sedang dan kelas kontrol memperoleh nilai 0,06 kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang mengimplementasikan E-book berbasis HOTS berpengaruh positif terhadap keterampilan literasi digital dan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Kata kunci:  E-book berbasis HOTS; Literasi digital; Berpikir tingkat tinggi;
Copyrights © 2023