Penerapan e-learning membutuhkan kemandirian belajar siswa untuk mencapai keberhasilan belajar yang tinggi. Self-Directed Learning Readiness (SDLR) merupakan tingkat kemampuan, sikap, serta karakteristik pribadi seseorang dalam melakukan belajar mandiri. Hasil belajar kognitif adalah hasil belajar yang berhubungan dengan keterampilan intelektual siswa. SDLR diduga memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara SDLR dengan hasil belajar kognitif siswa SMA pada mata pelajaran Biologi. Penelitian ini dilaksanakan dari 28 Februari hingga 23 Maret 2022 di SMA Negeri 6 Bogor. Metode yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan studi korelasional. Sampel berjumlah 149 orang responden yang ditentukan menggunakan teknik simple random sampling. SDLR siswa diukur dengan menggunakan Self-Directed Learning Readiness Scale (SDLRS) dan hasil belajar kognitif siswa ditentukan berdasarkan nilai Penilaian Tengah Semester (PTS). Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan penentuan koefisien korelasi menggunakan Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif antara SDLR dengan hasil belajar kognitif siswa sebesar 0,588 dengan model regresi Ŷ = 23,407 + 0,776X. SDLR memberikan kontribusi sebesar 34,6% terhadap hasil belajar kognitif siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara SDLR dengan hasil belajar kognitif siswa SMA pada mata pelajaran Biologi.
Copyrights © 2022