Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 18 No 1 (2024): Jurnal Pendidikan UNIGA

Pengembangan Media Animasi berbasis Story Telling untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Proklamasi pada Siswa Kelas V

Hendiyani, Firda Febrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian pengembangan ini mempunyai tujuan yaitu 1) mengetahui proses pengembangan media animasi berbasis storytelling 2) mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan media animasi berbasis storytelling 3) mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis storytelling 4) mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik mengenai materi proklamasi setelah menggunakan media animasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu design and development (D&D) dengan menggunakan model ADDIE.  Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan angket. Hasil Penlitian didapatkan 1)Skor rata-rata ahli media 91,4% dengan kategori ‘sangat layak’. 2)Skor rata-rata ahli materi sebesar 82% ‘sangat layak. 3)Validasi sekolah 86% kategori ‘sangat layak’. 4)Respon peserta didik ‘sangat positif’ dengan rata-rata skor yang diperoleh >80% . 5) produk yang dihasilkan efektif dalam mneingkatkan pemahaman peserta didik mengenai materi proklamasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...