Disiplin merupakan kualitas moral bangsa yang penting ditanamkan kepada anak usia dini. Pembentukan disiplin dimulai dari keluarga dan sekolah. Hal ini berpengaruh pada perkembangan anak usia dini dan penanaman kepribadian yang terpuji ketika dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi membangun kedisiplinan anak usia dini di TKU Daar El Dzikir tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TKU Daar El Dzikir, Soronanggan, Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah. Sumber data yakni semua guru di TKU Daar El Dzikir Sukoharjo.. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Validasi data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi membangun kedisiplinan di TKU Daar El Dzikir Soronanggan, Bulu, Sukoharjo adalah dengan merencanakan dan menetapkan peraturan, membuat anak nyaman dengan lingkungan sekolah, pemberian contoh/teladan dari guru, pembiasaan dan konsistensi, pemberian penghargaan/ reward dan penerapan konsekuensi       Discipline is a nation's moral quality that is important to be instilled in early childhood. The formation of discipline starts from the family and school. This has an effect on the development of early childhood and the inculcation of a commendable personality as an adult. This study aims to determine strategies for building discipline in early childhood at TKU Daar El Dzikir in the 2022/2023 academic year. This research is a descriptive qualitative research. This research was conducted at TKU Daar El Dzikir, Soronanggan, Bulu, Sukoharjo, Central Java. The data sources are all teachers at TKU Daar El Dzikir Sukoharjo. Data collection techniques use observation and interviews. Validation using source triangulation technique. Data analysis in this study used an interactive analysis model, namely data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of the study show that the strategy for building discipline at TKU Daar El Dzikir Soronanggan, Bulu, Sukoharjo is to plan and set rules, make children comfortable with the school environment, provide examples/examples from teachers, habituation and consistency, giving rewards and applying consequences
Copyrights © 2023