Penulisan ini tentang peran dan tugas staf administrasi dalam mengelola absensi pegawai menggunakan aplikasi Bravo PUPR di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta. Tujuan dari laporan Tugas Akhir ini adalah untuk mengetahui peran dan tugas staf administrasi di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta dan untuk mengetahui hambatan staf admin dalam mengelola absensi pegawai. Metode penulisan tugas akhir ini adalah melalui observasi atau pengamatan yang dilakukan penulis mengenai peran dan tugas staf administrasi dalam mengelola absensi pegawai menggunakan aplikasi Bravo PUPR di Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta. Berdasarkan data, ada tiga kendala yang dihadapi staf administrasi yaitu masih adanya staf admin yang belum memahami penggunaan aplikasi Bravo PUPR, seringnya terjadi gangguan koneksi internet dan kurangnya ketelitian staf admin dalam melaksanakan proses rekap absensi. Penulis menyarankan Balai Pengembangam Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta perlu menyelenggarakan pelatihan seperti bimbingan teknis, sosialisasi/internalisasi dan pelatihan pengembangan kompetensi lainnya terkait penggunaan aplikasi Bravo PUPR bagi para pegawai serta staf admin agar seluruh pegawai memahami aplikasi tersebut dengan baik, Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta menyiapkan jaringan internet backup dengan vendor penyedia layanan internet yang berbeda dari penyedia utama, Balai Pengembangan Kompetensi PUPR Wilayah III Jakarta perlu mengusulkan adanya pengawas atau verifikator staf admin agar staf admin lebih teliti pada saat melakukan pengelolaan rekap absensi.
Copyrights © 2025