Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Bentuk perubahan yang terjadi di SD Negeri 24 Perupuk Tabing. mengingat perubahan organisasi adalah dimensi krusial dalam pengembangan institusi yang berkontribusi pada peningkatan mutu pendidikan. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara yang mendalam dengan narasumber agen perubahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Negeri 24 Perupuk Tabing mengalami empat bentuk perubahan, yakni perubahan kecil berdampak kecil, perubahan kecil berdampak besar, perubahan besar berdampak kecil, dan perubahan besar berdampak besar. Masing-masing bentuk membawa kontribusi yang berbeda terhadap peningkatan efektivitas pembelajaran dan budaya sekolah. Faktor utama yang mendorong keberhasilan perubahan adalah kolaborasi guru dalam komunitas belajar, dukungan kepala sekolah, serta budaya kerja yang terbuka dan adaptif. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa perubahan organisasi di sekolah dasar dapat berjalan efektif apabila didukung oleh kepemimpinan partisipatif dan komitmen kolektif seluruh warga sekolah.
Copyrights © 2025