Journal Educational Research and Development
Vol. 2 No. 2 (2025): Oktober - Desember

Memahami Karakteristik Peserta Didik Di Era Media Sosial: Implikasi Bagi Desain Pembelajaran PAI Yang Humanis Dan Relevan

Gusmaneli, Gusmaneli (Unknown)
Annisa Dwi Ningrum (Unknown)
Naila Zhafira Dzikri (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Oct 2025

Abstract

Perkembangan media sosial telah membentuk karakteristik baru pada peserta didik generasi digital yang lebih kritis, cepat bereaksi, dan terbiasa dengan informasi instan. Kondisi ini menuntut pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk beradaptasi agar tetap relevan dan bermakna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik peserta didik di era media sosial serta implikasinya terhadap pengembangan desain pembelajaran PAI yang humanis dan kontekstual. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif melalui telaah literatur dan analisis fenomenologis terhadap perilaku belajar generasi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik masa kini cenderung memiliki ketergantungan pada teknologi, daya atensi yang singkat, namun juga potensi besar dalam berpikir kreatif dan kolaboratif. Oleh karena itu, desain pembelajaran PAI perlu menekankan interaksi yang dialogis, pendekatan personal yang empatik, serta pemanfaatan media digital sebagai sarana internalisasi nilai-nilai Islam. Dengan demikian, pembelajaran PAI di era media sosial dapat menjadi ruang yang tidak hanya informatif, tetapi juga transformatif dalam membentuk karakter spiritual dan moral peserta didik secara utuh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jerd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal Educational Research and Development ( E-ISSN : 3063-9158) is a scientific journal managed by Global Scients Publisher intended to disseminate the results of scientific works that have been made by lecturers, teachers, alumni and experts. In addition, the scientific journal is intended as a ...