Cemara Education and Science
Vol. 3 No. 3 (2025): Vol III. Edisi III. Tahun 2025

Analisis Kesehatan Mental Bagi Mahasiswa Korban Kekerasan Seksual Di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Nurhalimah (Unknown)
Dwi Pusfita Sari (Unknown)
Suci,Trihapsari (Unknown)
Putri Amelia (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman emosional korban kekerasan seksual di lingkungan UIN Sumatera Utara melalui pendekatan kualitatif. Pemilihan metode ini didasarkan pada kemampuannya dalam mengungkap makna mendalam serta dampak psikologis yang dirasakan korban. Data dikumpulkan dengan fokus pada ekspresi emosional dan pengalaman subjektif partisipan. Proses penelitian dilakukan dengan mematuhi prinsip-prinsip etika penelitian kualitatif, termasuk menjaga kerahasiaan identitas partisipan dan memperoleh informed consent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korban mengalami berbagai gangguan psikologis seperti trauma, kecemasan, dan depresi yang mempengaruhi aspek akademik maupun kehidupan sosial mereka. Korban juga menyoroti pentingnya peran institusi kampus dalam memberikan perlindungan serta penindakan tegas terhadap pelaku. Temuan ini menegaskan urgensi penanganan komprehensif terhadap kekerasan seksual di lingkungan pendidikan tinggi. Implementasi kebijakan pencegahan yang tegas, berkelanjutan, dan terintegrasi perlu dilakukan secara sistematis. Salah satunya melalui pembentukan unit layanan terpadu dengan pendekatan berbasis perlindungan korban, serta penerapan prinsip keadilan dan kerahasiaan. Selain itu, integrasi pendidikan kesetaraan gender dalam kurikulum dan penguatan etika interaksi sosial merupakan langkah preventif yang krusial. Institusi juga perlu menyediakan layanan konseling psikologis gratis, profesional, dan mudah diakses, serta pelatihan berbasis empati bagi tenaga pendidik guna mendukung pemulihan korban secara menyeluruh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ces

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus and Scope Cemara Education and Science (CES) menerbitkan artikel-artikel di bidang pendidikan yang melaporkan penelitian empiris tentang topik-topik penting lintas konteks pendidikan, dalam hal desain dan temuan penelitian. Ruang lingkup Cemara Education and Science (CES) meliputi: Pendidikan ...