Cemara Education and Science
Vol. 3 No. 3 (2025): Vol III. Edisi III. Tahun 2025

Manajemen Karakter Di Era Digital

Darul Ilmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2025

Abstract

Studi ini mengeksplorasi strategi pengelolaan pendidikan karakter di era digital, di mana perkembangan teknologi yang pesat menghadirkan peluang sekaligus tantangan, terutama bagi kaum muda. Meskipun perangkat digital meningkatkan komunikasi dan akses informasi, perangkat tersebut juga berisiko mengikis nilai-nilai moral melalui isu-isu seperti misinformasi, agresi daring, dan kecanduan digital. Berlandaskan teori Lickona dan Muslich, serta didukung oleh literatur dan data lapangan dari dua sekolah di Yogyakarta, penelitian ini menyoroti upaya-upaya seperti program etika digital, penggunaan media sosial untuk penguatan nilai, dan kampanye literasi berbasis komunitas. Meskipun terdapat inisiatif-inisiatif ini, tantangan tetap ada dalam hal kesiapan guru, pengawasan orang tua, dan paparan siswa terhadap konten berbahaya. Studi ini merekomendasikan upaya kolaboratif antara pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan untuk mengembangkan pendekatan adaptif, etis, dan kreatif terhadap pembentukan karakter dalam masyarakat yang terhubung secara digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ces

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus and Scope Cemara Education and Science (CES) menerbitkan artikel-artikel di bidang pendidikan yang melaporkan penelitian empiris tentang topik-topik penting lintas konteks pendidikan, dalam hal desain dan temuan penelitian. Ruang lingkup Cemara Education and Science (CES) meliputi: Pendidikan ...