Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 7 No. 2 (2024): Oktober 2024

Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN Pinrang

Idham, Idham (Unknown)
Masnur, Masnur (Unknown)
Saleha, Saleha (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Pinrang. Model Discovery Learning merupakan pendekatan yang mendorong siswa untuk secara aktif mengeksplorasi konsep dengan bimbingan guru, sehingga meningkatkan pemahaman dan daya ingat mereka. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain kelompok non-terkontrol, di mana siswa kelas IV dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran eksploratif dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran tradisional. Data diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan uji t untuk mengidentifikasi perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran eksploratif memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar menggunakan metode tradisional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran eksploratif memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Pinrang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...