Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya keterampilan menyimak siswa kelas V di SDN Pinrang, yang disebabkan oleh minat siswa yang rendah karena kegiatan menyimak yang monoton, penggunaan metode ceramah yang kurang melibatkan media pembelajaran interaktif, serta partisipasi siswa yang pasif. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas V dengan menggunakan metode Physical Response (TPR). Metode Total Physical Response yang memadukan gerakan fisik dengan perintah verbal dipilih karena kemampuannya membuat proses pembelajaran lebih menarik dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi dan wawancara terhadap siswa dan guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada keterampilan menyimak siswa setelah penerapan metode Total Physical Response. Hasil kinerja siswa pada siklus I sebesar 67% dan siklus II sebesar 79%, serta hasil kemampuan menyimak siswa sebesar 54% pada siklus I dan 76,9% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan total physical reponse dapat meningkatkan keterampilan menyimak siswa kelas IV sekolah dasar.
Copyrights © 2024