Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 7 No. 2 (2024): Oktober 2024

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Negeri Kompleks IKIP

Prisilia, Bella (Unknown)
Hasyim, Nur Fadhilah Rukmana (Unknown)
Khaltsum, Ummu (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model problem based learning pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri Kompleks IKIP. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Negeri Kompleks IKIP yang berjumlah 21 siswa terdiri dari 15 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Teknik pengumpulan data ada 2 yaitu tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Negeri Kompleks IKIP. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat pada siklus I memperoleh nilai dengan persentase yaitu 48% atau sebanyak 10 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 52% atau 11 siswa, pada akhir siklus II diperoleh nilai dengan persentase 76% sebanyak 16 siswa yang tuntas dan yang tidak tuntas sebanyak 24% atau sebanyak 5 siswa. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatkan sebesar 24%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...