Masalah utama dalam penelitian ini adalah kesulitan siswa kelas V dalam memahami materi bilangan bulat akibat metode pengajaran yang kurang menarik dan interaktif, serta kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Jigsaw untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar Matematika siswa kelas V di UPT SPF SD Negeri Parang Tambung 1 dengan materi bilangan bulat. Penelitian dilakukan melalui Penelitian Tindakan Kelas dalam dua siklus, mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan adalah hasil observasi keterampilan kolaborasi dan tes hasil belajar siswa, dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasilnya menunjukkan peningkatan keterampilan kolaborasi, terlihat dari meningkatnya partisipasi, kerja sama, dan komunikasi dalam kelompok, dengan kenaikan dari 60 persen pada siklus I menjadi 85 persen pada siklus II. Hasil belajar Matematika juga meningkat, dengan rata-rata nilai kelas naik dari 70 menjadi 85, serta ketuntasan belajar mencapai 90 persen di akhir siklus II. Penerapan model ini efektif meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa, sehingga direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran interaktif yang mendukung suasana belajar kolaboratif.
Copyrights © 2024