Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 7 No. 2 (2024): Oktober 2024

Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas V di UPT SPF SDN Mangasa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Interaktif Wordwall

Aisyah, St (Unknown)
Ramadhani, Syahrani Ratul (Unknown)
Tiranda, Yokmeam (Unknown)
Hadisaputra, Hadisaputra (Unknown)
Syarifuddin, Syarifuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini yakni rendahnya keaktifan siswa, terlihat dari minimnya partisipasi dalam bertanya, menjawab soal, dan menyelesaikan tugas, serta kurangnya metode pembelajaran yang menarik dan pemanfaatan media interaktif. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran bahasa indonesia melalui media interaktif Wordwall. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di UPT SPF SDN Mangasa. Indikator tercapainya keberhasilan dari penelitian ini adalah tercapainya persentase keaktifan belajar siswa minimal sebesar 70%. Metode penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan 4 tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data yang dilakukan pada siklus I dengan hasil skor 60,28% sedangkan siklus II dengan hasil skor 76,52%. Berdasarkan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia setelah diterapkan media Wordwall mengalami peningkatan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...