Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media pembelajaran game edukatif berbasis Wordwall pada materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN 1 Enrekang. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran game edukatif berbasis wordwall pada materi bangun datar kelas IV SDN 1 Enrekang, dan juga bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Validasi dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan praktisi pembelajaran (guru kelas IV) serta diuji coba pada 22 siswa. Hasil validasi menunjukkan bahwa ahli media memberikan penilaian sebesar 100%, ahli materi 89%, dan praktisi pembelajaran 97%. Secara keseluruhan, validasi dari ketiga ahli tersebut memperoleh nilai rata-rata 96%, yang dikategorikan sangat valid. Ujicoba lapangan terhadap 22 peserta didik menggunakan game edukatif wordwall memperoleh 93% dengan hasil tersebut menunjukkan kategori yang dicapai yaitu “sangat layak”. maka kepraktisan media pembelajaran game edukatif dikategori sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran. Pada saat uji lapangan menggunakan media pada tahap pretest diperoleh nilai persentase 65% dan nilai persentase pada tahap postest 87% peningkatan terlihat pada peserta didik terhadap hasil belajar materi bangun datar di kelas IV SDN 1 Enrekang. Hasil penilaian media pembelajaran berupa game edukatif berbasis Wordwall yang dikembangkan peneliti menunjukkan bahwa efektif dan layak dipergunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun datar peserta didik kelas IV di SDN 1 Enrekang.
Copyrights © 2024