bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan literasi digital mahasiswa melalui implementasi case method berbantuan Quizizz. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan ekonomi Semester V. Penelitian ini merupakan kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun instrument penelitian menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah 120 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling sehingga sampel penelitian berjumlah 30 orang. Adapun hasil penelitian adalah terdapat peningkatan Nilai Ketuntasan Pembelajaran Mahasiswa (KPM) pada 3 pertemuan. Ketuntasan belajar memiliki rata-rata 74% dengan peningkatan rata-rata 14%. Terdapat 4 aspek yang dinilai pada kemampuan pemecahan masalah. 100% sudah mampu menemukan permasalahan dalam kasus, pada aspek 2, 83,33% mahasiswa menguasai aspek mentransformasikan informasi. 50% mahasiswa sudah mampu menyusun rencana penyelesaian masalah, dan 26,67% mahasiswa mampu Menyimpulkan solusi atas permasalahan. Sedangkan melalui penerapan aplikasi Quizizz, 60% mahasiswa yang mengalami peningkatan literasi digital dan sisanya tidak dapat terkoneksi dengan jaringan internet.
Copyrights © 2024