Prosiding SNATIF
2017: Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan informatika (BUKU 3)

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN: STUDI KASUS HYPERMART

Tarigan, Riswan E (Unknown)
Sugiarto, Arnon M (Unknown)
Widjaja, Andree E (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2017

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan dengan system Customer Relationship Management pada Hypermart dengan Hicard. Faktor – faktor yang dimaksud tersebut terdiri dari Customer Service Quality, Empaty, Promotion, Rewards, Value Added Service. Responden dalam penelitian ini adalah para pemilik Hicard Hypermart. Teknik Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SEM (Structural Equation Modelling). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor Rewards memberikan pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, di sisi lain Customer Service Quality, Empaty, Promotion, dan Value Added Service tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sementara itu, kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan secara signifikan. Kata kunci: Kepuasan Pelanggan, Loyalitas, Customer Relationship Management, SEM

Copyrights © 2017