TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an
Vol 10 No 3 (2024): Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an

Implementasi pembelajaran mulok bahasa Jawa Banten pada peserta didik kelas IV sebagai penguatan karakter identitas masyarakat Banten di SDN Kedaleman II

Pribadi, Reksa Adya (Unknown)
Mustika, Chika Nabila (Unknown)
Hindayanti, Fenty (Unknown)
Rahmawati, Maulia (Unknown)
Fadilla, Nursyifa (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2024

Abstract

Berkembangnya teknologi memberikan pengaruh yang dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari hal ini dapat dilihat dari perubahan tata nilai bahasa di masyarakat, seperti terjadinya pergeseran penggunaan bahasa daerah menjadi bahasa gaul atau bahasa asing. Bahasa perlu dilestarikan agar tidak hilang, maka perlu dibuat sebuah media informasi sebagaimana bahasa daerah yang ada di Jawa Banten. Salah satu bentuk upayanya yaitu dengan adanya pembelajaran muatan lokal di sekolah. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk meneliti Implementasi Pembelajaran Mulok Bahasa Jawa Banten pada Peserta Didik Kelas IV sebagai Penguatan Karakter Identitas Masyarakat Banten di SDN Kedaleman II, sedangkan tujuan yang ingin disampaikan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan rencana, proses serta hasil yang menggambarkan pelaksanaan pengimplementasian pembelajaran mulok Bahasa Jawa Banten pada peserta didik kelas IV sebagai penguatan karakter identitas masyarakat Banten. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik triangulasi. Validitas materi wawancara diuji melalui teknik observasi dan pemeriksaan mendalam terhadap kegiatan yang berkaitan dengan materi penelitian. Peneliti kemudian menganalisis materi pada tahap reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Adapun hasil setelah dilakukannya pembelajaran mulok Bahasa Jawa Banten di kelas IV dapat diperoleh karakter peserta didik yang komunikatif, memiliki sikap kesadaran terhadap budi pekerti, sikap cinta Tanah Air, dan mempertahankan budaya daerah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

trihayu

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal TRIHAYU adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal ini mewadahi artikel dosen dan mahasiswa berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang ke-SD-an. Jurnal TRIHAYU terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan ...