Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) implementasi nilai- nilai nasionalisme dalam kegiatan Pramuka bagi siswa kelas V di SD Sumberwatu; 2) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi ini; dan 3) solusi untuk mengatasi hambatan yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang melibatkan pembina Pramuka dan lima siswa. Temuan menunjukkan bahwa nilai-nilai nasionalisme seperti disiplin, kejujuran, kerja sama, dan patriotisme secara efektif ditanamkan melalui kegiatan Pramuka, termasuk upacara bendera, latihan baris-berbaris, latihan tali-temali, dan penilaian keterampilan. Faktor pendukung mencakup kebersihan lingkungan, fasilitas, dan sikap sosial anggota sekolah, sementara keterbatasan fasilitas dan sikap sosial tertentu menjadi tantangan. Solusi yang diterapkan meliputi memberikan contoh positif yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan Dasar Pramuka, memberikan bimbingan berkelanjutan, dan menerapkan sanksi non-fisik bagi pelanggaran aturan.
Copyrights © 2024