LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi
Vol 4 No 1 (2024): Agustus

Perancangan Modul Pembelajaran Berbasis Aplikasi Scratch Sebagai Bahan Ajar Pada Materi Pengenalan Pemrograman Visual Kelas VII H di SMPN 18 Surakarta

Permana, Muhammad Arif (Unknown)
Feri Faila Sufa (Unknown)
Alfonsa Maria Sofia Hapsari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah merancang modul pembelajaran berbasis aplikasi scratch mata pelajaran informatika kelas VII H di SMP Negeri 18 Surakarta dan mengetahui tingkat kelayakan. Peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. ADDIE adalah model pengembangan yang terdiri dari Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Pengujian modul pembelajaran dilakukan dengan metode pengujian blackbox testing dan validasi oleh ahli yang dikonversikan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis aplikasi scratch memperoleh kriteria sangat layak menurut ahli media pertama dan kedua memiliki tingakat kelayakan 84%, menurut ahli materi memiliki tingkat kelayakan 85% memperoleh kriteria sangat layak dan respon dari peserta didik mendapat 82% sehingga modul pembelajaran berbasis aplikasi scratch ini layak digunakan sebagai bahan ajar untuk belajar baik disekolah maupun dirumah secara mandiri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

lofian

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, merupakan jurnal ilmiah yang berfokus pada bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertaraf nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Teknik Informatika Universitas Mandiri Bina Prestasi (UMBP) dengan e-ISSN: 2798-9593 dan p-ISSN: ...