Tujuan pada penelitian ini adalah merancang modul pembelajaran berbasis aplikasi scratch mata pelajaran informatika kelas VII H di SMP Negeri 18 Surakarta dan mengetahui tingkat kelayakan. Peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. ADDIE adalah model pengembangan yang terdiri dari Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Pengujian modul pembelajaran dilakukan dengan metode pengujian blackbox testing dan validasi oleh ahli yang dikonversikan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul pembelajaran berbasis aplikasi scratch memperoleh kriteria sangat layak menurut ahli media pertama dan kedua memiliki tingakat kelayakan 84%, menurut ahli materi memiliki tingkat kelayakan 85% memperoleh kriteria sangat layak dan respon dari peserta didik mendapat 82% sehingga modul pembelajaran berbasis aplikasi scratch ini layak digunakan sebagai bahan ajar untuk belajar baik disekolah maupun dirumah secara mandiri.
Copyrights © 2024