Jurnal Esabi (Jurnal Edukasi dan Sains Biologi)
Vol. 6 No. 2 (2024)

Pengaruh reading, question and answering berintegrasi problem based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pelajaran biologi XI SMA

Ariyanto, Alvian Nuzul Bagus (Unknown)
Sofiyana, Marinda Sari (Unknown)
Sholihah, Mar’atus (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RQA berintegrasi PBL pada mata pelajaran Biologi terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI SMA. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen. Subjek siswa kelas XI IPA SMAN 3 Kota Blitar. Sampel yang digunakan adalah 35 siswa sebagai kelas kontrol dan 34 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian pre-test dan post-test berupa tes kemampuan pemecahan masalah ter validasi 0,74 (74%) dengan kriteria layak digunakan untuk mengukur variabel terikat. Teknik analisis data menggunakan Uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) dan Uji hipotesis (ANCOVA). Terdapat selisih peningkatan lebih tinggi pada kelas RQA+PBL sebesar 34,41% untuk kemampuan pemecahan masalah dengan Fhitung sebesar 156.222 taraf  signifikansi. 0,000 < 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI di SMAN 3 Kota Blitar dengan penerapan model pembelajaran RQA berintegrasi PBL dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

esabi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science

Description

This journal publishes articles on research results related to biology education and biology science. The scope contained in this journal includes: Biology 1. Botany 2. Zoology 3. Environmental 4. Physiology 5. Biotechnology 6. Applied Science using objects biology Biology Education 1. Teaching and ...