Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan media sosial tiktok dengan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGPAUD angkatan 2021 di Universitas Negeri Medan. Penelitian ini didasari oleh fenomena meningkatnya penggunaan media sosial tiktokĀ di kalangan mahasiswa yang berpotensi memberikan pengaruh pada cara berpikir kreatif mereka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan TikTok dengan kemampuan berpikir kreatif dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan koefisien korelasi sebesar 0,615. Hal ini menunjukkan bahwa semakin intens penggunaan TikTok, semakin besar pula kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. Kajian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi mahasiswa dan tenaga pendidik dalam pemanfaatan media sosial tiktok secara efektif.
Copyrights © 2025