Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 4 No. 3 (2025): JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial

Kualitas Media Pembelajaran Ular Tangga Berbantuan QR-Code Mata Pelajaran IPAS Materi Sistem Organ Tubuh Manusia Pada Peserta Didik Kelas V SDN 1 Bulusari Tulungagung

Ihsan, Ahmad Badarudin (Unknown)
Jadmiko, Rahmad Setyo (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas media pembelajaran ular tangga berbantuan QR-Code pada mata pelajaran IPAS materi sistem organ tubuh manusia di kelas V SDN 1 Bulusari Tulungagung. Media ini dikembangkan sebagai upaya meningkatkan minat, motivasi, dan pemahaman siswa terhadap materi yang dianggap sulit. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 18 siswa dan satu guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ular tangga berbantuan QR-Code dinilai menarik, mudah digunakan, menyenangkan, serta meningkatkan interaksi dan partisipasi aktif siswa. QR-Code mempermudah siswa mengakses materi secara mandiri dan interaktif. Media ini juga sesuai dengan capaian pembelajaran IPAS serta mampu menciptakan suasana belajar yang inovatif dan menyenangkan. Dengan demikian, media ini layak dijadikan alternatif pendukung dalam proses pembelajaran di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial menerbitkan artikel ilmiah pendidikan dan ilmu sosial berdasarkan hasil penelitian dan hasil kajian pustaka. Jurnal ini menggunakan Bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Terbit 4 kali setiap tahun pada bulan Januari, Maret, Juli, dan ...