COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 6 No 1 (2019): Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika

IDENTIFIKASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA MATERI FLUIDA STATIS DENGAN MENGGUNAKAN CRI (Certainty of Response Index)

Al Mubarokah, Nurul Hidayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2019

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa sebelum pembelajaran materi fluida statis. Peneliti hanya mengidentifikasi siswa tahu konsep dengan menggunakanCRI(Certainty of Response Index). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian adalah siswa SMA kelas X. Jumlah sampel sebanyak 38 siswa kelas X MIA 5. Metode penelitiannya dengan memberi 15 soal disertai dengan skala keyakinan. Teknik analisis data berupa presentase siswa tahu konsep. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa siswa lebih paham konsep pada konsep soal 8 mengenai prinsip kerja pompa hidrolik dengan presentase 50%, sedangkan siswa kurang paham konsep pada konsep soal 11 mengenai kedudukan benda di dalam fluida dipengaruhi oleh massa jenis benda dengan presentase 5%. Perbedaan presentase di setiap konsep disebabkan oleh prakonsepsi masing-masing siswa dan tidak menutup kemungkinan prakonsepsi yang salah dapat menimbulkan miskonsepsi sehingga siswa kesulitan belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...