Penelitian ini bertujuan untuk mengethaui : 1) Perbedaan penggunaan media pembelajaran berbasis Flash dan Powerpoint terhadap hasil belajar fisika, 2) Perbedaan motivasi tinggi, motivasi sedang, dan motivasi rendah terhadap hasil belajar fisika, 3) Interaksi antara media pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar fisika. Metode penelitian ini merupakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar fisika siswa yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda serta metode observasi untuk data motivasi siswa. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi (anava) dua jalan dengan sel tak sama, sebagai tindak lanjut dari analisis variansi dilakukan uji scheffe. Hasil penelitian dengan α = 5% dapat disimpulkan bahwa: (1) Fhitung = 9,201 > Ftabel = 4,007 sehingga   ditolak yang berarti terdapat perbedaan penggunaan media pembelajaran berbasis Flash dan media Powerpoint terhadap hasil belajar fisika. (2) F hitung = 21,342 > F tabel = 3,156 sehingga   ditolak yang berarti terdapat perbedaan motivasi tinggi, motivasi sedang, dan motivasi rendah terhadap hasil belajar fisika. (3) F hitung = 0,4786 < F tabel = 3,156 sehingga   diterima  yang berarti tidak ada interaksi antara media pembelajaran dan motivasi siswa terhadap hasil belajar fisika.
Copyrights © 2019