COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 7 No 2 (2020): Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES (SW-MI) PADA MATERI FLUIDA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA/MA

Purwanto, Joko (Unknown)
Azizah, Meida (Unknown)
Hasanah, Daimul (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan tujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis multiple intelligences (LKPD-MI) untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model procedural Borg&Gall yang dibatasi sampai tahap revisi produk operasional. Objek coba dalam penelitian ini adalah 8 peserta didik SMAN 5 Yogyakarta pada uji lapangan skala kecil dan 30 peserta didik MAN Lab. UIN Yogyakarta pada uji lapangan skala besar. Pengumpulan data menggunakan angket penilaian LKPD oleh ahli materi, media, guru fisika, dan respon peserta didik. Tes tertulis dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik setelah menggunakan LKPD-MI hasil pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD-MI yang dikembangkan mendapat penilaian sangat baik menurut ahli materi, media, dan guru fisika. Peserta didik memberi respon baik terhadap LKPD-MI, yang berarti LKPD-MI dapat diterima. Keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik meningkat dalam kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,58.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...