Journal of Science and Education Research
Vol. 3 No. 2 (2024): Journal of Science and Education Research

Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Hentikan Perundungan Kelas 5 di SDN Dukuh Kupang II - 489 Surabaya

Muhammadi, Ilham Azkha Al (Unknown)
Wirawati, Bekti (Unknown)
Darsono (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi hentikan perundungan pada siswa kelas 5 di SDN Dukuh Kupang II – 489 Surabaya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran ini melibatkan siswa dalam menelaah materi dan aktif bertanya jika ada yang kurang dimengerti, dimulai dengan sebuah masalah yang harus dipecahkan bersama dalam kelompok. Dengan model ini, guru lebih mudah melaksanakan pembelajaran di kelas dan memberikan pemahaman yang tepat. Analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 65,8 pada siklus I menjadi 77,5 pada siklus II, dengan ketuntasan belajar meningkat dari 65% menjadi 90%. Guru memberi dorongan aktif kepada siswa melalui penilaian tambahan untuk meningkatkan partisipasi dalam diskusi dan presentasi antar pasangan. Disarankan agar guru menggunakan lebih dari sekadar metode ceramah, tetapi juga model pembelajaran aktif lainnya, seperti Problem Based Learning, untuk memotivasi siswa dalam belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Science and Education Research (JSER) research paper in the field of all Education themes and all kinds of Science, Biological Science, Technology and Innovation, Environmental Studies, Climate Change, Agricultural, Rural Development, Urban Studies, ...