Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi hentikan perundungan pada siswa kelas 5 di SDN Dukuh Kupang II – 489 Surabaya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Model pembelajaran ini melibatkan siswa dalam menelaah materi dan aktif bertanya jika ada yang kurang dimengerti, dimulai dengan sebuah masalah yang harus dipecahkan bersama dalam kelompok. Dengan model ini, guru lebih mudah melaksanakan pembelajaran di kelas dan memberikan pemahaman yang tepat. Analisis data menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 65,8 pada siklus I menjadi 77,5 pada siklus II, dengan ketuntasan belajar meningkat dari 65% menjadi 90%. Guru memberi dorongan aktif kepada siswa melalui penilaian tambahan untuk meningkatkan partisipasi dalam diskusi dan presentasi antar pasangan. Disarankan agar guru menggunakan lebih dari sekadar metode ceramah, tetapi juga model pembelajaran aktif lainnya, seperti Problem Based Learning, untuk memotivasi siswa dalam belajar.
Copyrights © 2024