Adanya inovasi yang dihasilkan oleh masyarakat Desa Samiran, Selo Kabupaten Boyolali dengan mengolah sayur menjadi keripik sayur memberikan peluang ekonomi yang tinggi bagi masyarakat. Keripik sayur yang dihasilkan kelompok tani saat ini hanya dijual didaerah Boyolali saja. Supaya keripik sayur dapat dikenal lebih luas dan menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi maka penulis termotivasi untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan motivasi kepada kelompok tani supaya dapat melakukan penjualan dan pemasaran menggunakan sosial media. Selain itu, kegiatan ini memberikan pengetahuan kepada kelompok tani mengenai cara menggunakan sosial media supaya dapat meningkatkan penjualan dan melakukan pemasaran dengan baik. Metode pelaksanaan yang digunakan dalam kegiatan ini berupa workshop mengenai pentingnya menggunakan sosial media dan cara penggunaan sosial media untuk menunjang pemasaran serta penjualan produk. Kegiatan telah dilaksanakan dengan lancar. Seluruh peserta mengikuti kegiatan workshop dengan aktif bertanya dan mengikuti segala arahan serta prosedur pembuatan sosial media dengan baik. Saran untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat selanjutnya adalah melakukan peninjauan secara periodik supaya dapat memantau proses promosi dan penjualan keripik sayur serta memberikan materi tambahan terkait cara pembuatan konten yang dapat menarik minat konsumen untuk membeli keripik sayur tersebut.
Copyrights © 2023