Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan
Vol 7, No 1 (2024): Eklektik

Analisis Kesulitan dalam Penyelesaian Soal Matematika Ekonomi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi: Perspektif Koneksi Matematis

Wati, Indah (Unknown)
Ristiliana, Ristiliana (Unknown)
Rambe, Paijan (Unknown)
Susanti, Emilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

AbstrakTujuan Penelitian adalah untuk menganalisis dan menggambarkan kesulitan dalam penyelesaian soal matematika ekonomi, dilihat dari perspektif koneksi matematis pada mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus. Adapun subjek yang diambil adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi, semester 2 di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau, berjumlah 104 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui tes dan wawancara. Tes terdiri dari 4 soal uraian yang bertujuan untuk menilai tingkat kemampuan koneksi matematis mahasiswa. Wawancara dilakukan dengan 6 mahasiswa, masing-masing 2 mahasiswa dengan kemampuan koneksi matematis tinggi, sedang, dan rendah, menggunakan pedoman wawancara terstruktur untuk menemukan kesulitan yang dihadapi berdasarkan jawaban mereka pada tes tertulis. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Milles dan Huberman, yang meliputi reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Dari penelitian yang telah dilakukan, hasil yang diperoleh yaitu mahasiswa yang memiliki Koneksi matematika tinggi, cenderung tidak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal. Mahasiswa dengan kategori koneksi matematis sedang cenderung mengalami kesulitan dalam penerapan prinsip dan penyelesaian masalah verbal. Mahasiswa dengan kemampuan koneksi matematis rendah cenderung mengalami kesulitan dalam memahami konsep, menerapkan prinsip, dan menyelesaikan masalah verbal. AbstractThe objective of this research is to analyze and describe the difficulties in solving economic mathematics problems from the perspective of mathematical connections among students of the Economics Education Study Program. This study is a qualitative descriptive research using a case study approach. The subjects taken are 104 second-semester students of the Economics Education Study Program at the Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, UIN Suska Riau. Data were collected through tests and interviews. The test consists of 4 essay questions aimed at assessing the students' level of mathematical connection ability. Interviews were conducted with 6 students, comprising 2 students with high, medium, and low mathematical connection abilities, respectively, using structured interview guidelines to identify the difficulties faced based on their answers to the written test. The data obtained were analyzed using the Milles and Huberman method, which includes data reduction, data presentation, and drawing conclusions or data verification. From the conducted research, the results obtained indicate that students with high mathematical connection abilities tend not to experience difficulties in solving problems. Students with medium mathematical connection abilities tend to experience difficulties in the application of principles and solving verbal problems. Students with low mathematical connection abilities tend to have difficulties in understanding concepts, applying principles, and solving verbal problems.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

EKLEKTIK

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Eklektik : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan adalah Jurnal diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Ekonomi Faklutas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dengan Nomor E-ISSN 2622-5360 yang bekerja sama dengan ASPROPENDO (Asosiasi Propesi Pendidik ...