Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Moro Kabupaten Karimun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI IPS di SMA Negeri 1 Moro Kabupaten Karimun Sebanyak 135 Siswa. Sedangkan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin, yang diperoleh jumlah sampel sebanyak 101 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi.Teknik analisis data adalah regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan program SPSS. Dari Hasil Penelitian diketahui bahwa tingkat kesiapan belajar siswa tergolong baik dengan persentase sebesar 74,24% sedangkan kemandirian belajar siswa tergolongan baik dengan persentase sebesar 77,27%. Hasil Analisis data menunjukkan bahwa kesiapan belajar terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 61,3% yang berarti semakin tinggi tingkat kesiapan belajar siswa maka kemandirian belajar siswa akan semakin baik dan sebaliknya semakin rendah tingkat kesiapan belajar siswa maka kemandirian belajar siswa juga akan semakin rendah dan sisanya sebesar 38,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
Copyrights © 2023