AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 12 No. 3 (2024): Juni

Pengaruh Metode Mind Mapping terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Peradaban Islam pada Masa Modern

Suhendi, Endi (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh respons siswa ketika pembelajaran PAI berlangsung yang menganggap bosan dan menjenuhkan, dengan demikian dapat diketahui adanya motivasi belajar siswa yang rendah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara respons siswa terhadap metode mind mapping dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi peradaban Islam pada masa modern kelas XI SMK Bintara Rancaekek Kab. Bandung. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Metode Penelitian yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Sebelum melakukan pengumpulan data, peneliti terlebih dahulu melakukan uji validitas dan uji reabilitas, agar instrumen yang digunakan valid dan reliabel. Setelah mendapatkan hasil penelitian, maka data akan dikumpulkan dengan menggunakan uji asumsi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tanggapan siswa terhadap metode mind mapping dengan motivasi belajar siswa dengan hasil analisis perhitungan Pearson Correlation diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 (5%). Nilai pearson correlation berkisar antara 0,41-0,60 adalah sedang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

NIDA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

AN-NIDA: Jurnal Pendidikan Islam (E-ISSN 2963-9255, P-ISSN 2476-9177) Journal An Nida focus on the issues that are related in Islamic Education; including Research Methodology, Education Science, Islamic Education Science, Educational Psychology, Learning Psychology, Educational Philosophy, Islamic ...