Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Penerapan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Peserta Didik Kelas II SD Negeri Bugel 02

Pancaningrum, Dian (Unknown)
Airlanda, Gamaliel Septian (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Menulis merupakan keterampilan yang tidak dapat dikuasai langsung oleh peserta didik, melainkan dibutuhkah latihan dan praktik yang teratur sehingga peserta didik mudah dalam berekspresi saat kegiatan menulis. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita peserta didik kelas II SD Negeri Bugel 02 menggunakan model Picture and Picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Picture and Picture terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita peserta didik kelas II. Hal tersebut ditunjukkan bahwa pada pra siklus keterampilan menulis cerita peserta didik hanya sebesar 45% yang kemudian meningkat menjadi 55% pada siklus I dan mengalami peningkatan lagi di siklus II sehingga menjadi 78%. Penelitian ini dikatakan berhasil karena persentase ketuntasan keterampilan menulis cerita telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 75% dari jumlah keseluruhan peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut maka penelitian dengan model Picture and Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis cerita peserta didik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...