Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Sumber Energi Panas Di Kelas V Sekolah Dasar

Khoirunissa, Tiara Marta (Unknown)
Disurya, Ramanata (Unknown)
Tanzimah, Tanzimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa materi sumber energi panas di kelas V. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental Design dengan desaian penelitian One Group Pretest-Postest Design. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V dengan jumlah 24 siswa, 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji T statistik parametrik dengan menggunakan regresi linear, didapatkan nilai Pretest dengan rata-rata nilai 70,83 dan rata-rata nilai Posttest 90. Berdasarkan hasil uji pengujian hipotesis penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap hasil belajar siswa materi sumber energi panas di kelas V Sekolah Dasar, didapatkan hasil signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa taraf signifikasi . Sig. (2-tailed) < 0,005 sehingga  ditolak dan  diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat mempengaruhi hasil belajar siswa materi sumber energi panas di kelas V SD Negeri 008 Palembang.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...