Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Analisis Pemahaman Siswa Pada Materi Daulah Mughal dalam Nilai-Nilai Sejarah Kebudayaan Islam

Rizki, Rona Iyut (Unknown)
Nurjanah, Nurjanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Perlunya siswa memahami hakikat suatu teori atau konsep yang dipelajarinya. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat siswa memahami materi Daulah Mughal dan nilai-nilai Sejarah Kebudayaan Islam dalam materi Daulah Mughal. Jenis penelitian adalah kulitatif lapangan. Sumber data primer yakni Guru SKI dan siswa kelas XI. Data sekunder dalam bentuk dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa dapat diukur melalui penggunaan media kartu domino dan kuis, siswa menjadi aktif dalam mempelajari materi. Tidak hanya itu, nilai rata-rata siswa kelas IPA yaitu 91 dan IPS 84. Persentase ketuntasan belajar siswa kelas IPA 100%, sementara IPS ada 91,7%. Berkenaan dengan nilai-nilai Sejarah Kebudayaan Islam pada materi Daulah Mughal, periode kepemimpinan di bawah Jalaluddin Akbar, di mana toleransi universal merupakan ciri dari kebijakannya. Salah satu kebijakan yang dilakukannya adalah mewujudkan kesatuan antar berbagai suku bangsa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...