Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Minat Belajar Biologi Pada Peserta Didik

Simatupang, Halim (Unknown)
Syahputri, Nadya Dewi (Unknown)
Purba, Frans Joko Waldy (Unknown)
Ningsih, Ade Fitria (Unknown)
Arwita, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran berbasis masalah berdampak pada minat siswa dalam belajar biologi. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk studi literatur. Penelitian ini secara pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menganalisis 15 artikel jurnal nasional yang berkaitan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan minat belajar biologi. Hasil review literatur menunjukkan bahwa PBL dapat digunakan dengan berbagai cara, seperti melalui EDMODO e-learning, metode role playing, metode pembelajaran pada tingkat yang tepat (TaRL), penggunaan video pembelajaran berbasis keberlanjutan, penggunaan PowerPoint, pre-test dan post-test, media audio visual, dan LKPD dapat membantu meningkatkan minat peserta didik dalam belajar biologi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...