Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Deskripsi Permasalahan Guru Dalam Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Kelas IV SD Negeri 11 Singkawang

Pamuji, Catur Sinta (Unknown)
Halidjah, Siti (Unknown)
Pranata, Rio (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang permasalahan guru dalam pada pembelajaran kurikulum merdeka di SD Negeri 11 Singkawang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah Guru dan datanya adalah wawancara dengan guru Bahasa Indonesia dan dokumentasi. Menunjukkan adanya permasalahan yang menajadi kendala untuk guru disekolah, dalam kurikulum merdeka ini guru juga dituntut kreatif dalam membuat atau merancang dan mengembangkan proses pembelajaran agar pembelajaran berjalan sesuai dengan materi yang ditentukan. Hasil penelitian di SD Negeri 11 Singkawang mempunyai permasalahan dalam perencanaan, pelaksanaan dan kendala adalah kesulitan dalam menganalisis CP, merumuskan TP dan menyusun ATP dan mengembangkan Modul Ajar, Bahan Ajar, LKPD, menentukan metode dan strategi pembelajaran minimnya dalam mengadakan seminar atau workshop, serta masih berdiskusi dengan kolega, kurangnya mengunakan metode dan media pembelajaran, materi yang terlalu luas. Kata Kunci: Deskripsi,Permasalahan,Kurikulum Merdeka

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...