Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 2 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Efektivitas Iklan Shopee Menggunakan EPIC Model

Kembang, Lale Puspita (Unknown)
Maryanti, Sri (Unknown)
Kalbuadi, Amiruddin (Unknown)
Hikmi , Henni Comala (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas iklan yang sudah dilakukan oleh Shopee dengan menggunakan metode EPIC Model. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian yang digunakan adalah konsumen yang melakukan kegiatan pembelian di Shopee baik melalui webiste dan aplikasi mobile dengan jumlah sampel sebanyak 80 orang. Teknik sampling yang digunakan dengan metode non probability sampling dengan teknik convenience sampling. Alat pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebarkan menggunakan media Google Forms. Hasil analisa menggunakan metode EPIC (Empathy, Persuasion, Impact dan Communication) menemukan bahwa masing-masing dimensi memiliki indeks keefektifan yang berbeda di mana Empathy memiliki nilai indeks sebesar 4.11 dengan kategori efektif, dimensi Persuasion memiliki nilai indeks sebesar 4.12 dengan kategori efektif, dimensi Impact memiliki nilai indeks sebesar 4.11 dengan kategori efektif dan dimensi Communication memiliki indeks sebesar 4.23 dengan kategori sangat efektif. Kemudian, secara model EPIC nilai indeks yang diperoleh sebesar 4.14 dengan kategori efektif. Sehingga iklan yang dikampanyekan oleh Shopee termasuk dalam kategori efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...