Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Persepsi Penggunaan Media Sosial Dalam Proses Pembelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Pontianak

Pietovin, Nomesio (Unknown)
Adlika , Nur Meily (Unknown)
Anasi, Putri Tipa (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini menyelidiki persepsi penggunaan media sosial dalam proses pembelajaran geografi di SMA Negeri 1 Pontianak. Penelitian ini dilakukan untuk memahami bagaimana media sosial mempengaruhi proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Pontianak ,khususnya pada mata pelajaran geografi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner kepada siswa dan wawancara dengan guru-guru geografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa dan guru menganggap media sosial dapat menjadi alat yang efektif untuk memperluas pemahaman tentang topik-topik geografi, memfasilitasi diskusi antar siswa, dan meningkatkan motivasi belajar. Namun, juga terdapat kekhawatiran terkait gangguan belajar akibat penggunaan media sosial yang tidak terkontrol. Temuan ini memberikan wawasan bagi sekolah dan pengajar dalam mengintegrasikan media sosial secara lebih efektif dalam kurikulum pembelajaran geografi, sambil tetap memperhatikan pengelolaan waktu dan pengawasan penggunaannya untuk mendukung pembelajaran yang lebih baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...