Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar

Oktapia, Sakti (Unknown)
Rohana, Rohana (Unknown)
Wulandari, Iswahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar. Metode quasi experimental dengan desain nonequivalent control group pretest-posttest. Populasi seluruh kelas V semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 56 siswa. Sampel kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yakni tes kemampuan literasi sains. Instrumen tes yang digunakan yaitu soal pilihan ganda dengan jumlah 20 butir yang sebelumnya telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya pembeda. Data hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 152,41 dan kelas kontrol sebesar 149,66. Berdasarkan hasil dari uji independent t-test diperoleh nilai siginifikansi sebesar 0,000 < (α = 0,05) maka H0 ditolak. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berdiferensiasi dengan model Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...