Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran biologi dalam peningkatan prestasi belajar siswa, serta mengetahui respon siswa kelas XI IPA SMAN Insana Tengah terhadap penggunaan model pembelajaran Quantum teaching. Manfaat penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar dan minat belajar siswa kelas XI IPA SMAN Insana Tengah melalui penggunaan model pembelajaran Quantum teaching. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN Insana tengah tahun ajaran 2023/2024. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN Insana tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental. Teknik dan instrument yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes, berupa esay test serta angket berupa lembar quisioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum teaching efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dimana nilai rata-rata kelas 87,7 dengan ketuntasan klasikal 100 %, serta para siswa memiliki respon positif terhadap penggunaan model pembelajaran Quantum teaching dalam pembelajaran biologi dengan persentase respon siswa 89,69 %, sehingga penggunaan model pembelajaran Quantum teaching efektif meningkatkan prestasi belajar dan minat belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri Insana tengah.
Copyrights © 2024