Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

E-Book Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris

Ayu, Kintan (Unknown)
Suartama, I Kadek (Unknown)
Tegeh, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2024

Abstract

Penelitian dilatar belakangi karena rendahnya penggunaan bahan ajar digital serta kurang inovatif dalam pemberian materi saat proses pembelajaran Bahasa Inggris. Hal ini berdampak pada kurangnya motivasi siswa dalam belajar dan berpengaruh pada hasil belajar yang rendah. Penelitian ini dikembangkan dengan model Hannafin and Peck yang terdiri dari 3 tahapan utama (penilaian kebutuhan, desain, serta pengembangan dan implementasi). Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode kuesioner dan tes. Teknis analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian secara berurutan dari ahli isi mata pelajaran, ahli desain, ahli media, uji perorangan, kelompok kecil dan lapangan, yaitu 98,00%, 94,00%, 94,66%, 98,00%, 98,22%, dan 97,36%. Hasil uji efektivitas melalui posstest memperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan e-book pada hasil belajar Siswa. Jadi E-Book berbasis pendekatan kontekstual layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa inggris.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...