Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 3 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research (Special Issue)

Perencanaan Pembelajaran dengan Media Video Film Kartun Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak di RA Ar Arahmah

Dewi, Liestya Regina (Unknown)
Sianturi, Risbon (Unknown)
Gandana, Gilar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan temuan masalah yang ditemukan terkait kemampuan menyimak anak dalam pembelajaran bahasa di RA Ar Rahmah kota Tasikmalaya. Berdasarkan data pra siklus penelitian hasil belajar anak menunjukkan rendahnya kemampuan menyimak yaitu: anak belum bisa memusatkan perhatian saat pembelajaran berlangsung, anak terlihat tidak tertarik menyimak cerita yang disampaikan oleh guru, dan media yang digunakan belum bervariasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Desain penelitian ini menggunakan model John Elliot. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu 13 anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Pada hasil penelitian ini terdapat tiga data, yang pertama yaitu hasil perencanaan pembelajaran siklus 1 dengan hasil 69,05% dan siklus 2 dengan hasil 80,95%, kedua hasil pelaksanaan pembelajaran siklus 1 dengan hasil 79,00% dan siklus 2 dengan hasil 88,00%, dan ketiga hasil kemampuan menyimak anak siklus 1 dengan hasil 60,14% dan siklus 2 dengan hasil 86,36%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...