Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan temuan masalah yang ditemukan terkait kemampuan menyimak anak dalam pembelajaran bahasa di RA Ar Rahmah kota Tasikmalaya. Berdasarkan data pra siklus penelitian hasil belajar anak menunjukkan rendahnya kemampuan menyimak yaitu: anak belum bisa memusatkan perhatian saat pembelajaran berlangsung, anak terlihat tidak tertarik menyimak cerita yang disampaikan oleh guru, dan media yang digunakan belum bervariasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Desain penelitian ini menggunakan model John Elliot. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu 13 anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Pada hasil penelitian ini terdapat tiga data, yang pertama yaitu hasil perencanaan pembelajaran siklus 1 dengan hasil 69,05% dan siklus 2 dengan hasil 80,95%, kedua hasil pelaksanaan pembelajaran siklus 1 dengan hasil 79,00% dan siklus 2 dengan hasil 88,00%, dan ketiga hasil kemampuan menyimak anak siklus 1 dengan hasil 60,14% dan siklus 2 dengan hasil 86,36%.
Copyrights © 2024