Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Pada Materi Bentuk Aljabar

Arianti, Mica (Unknown)
Hartoyo, Agung (Unknown)
Suratman, Dede (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan profil pelajar Pancasila pada siswa kelas VII H SMP Negeri 2 Pontianak, dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas(PTK).  Sebanyak 30 siswa kelas VII H tahun ajaran 2023/2024 dijadikan sebagai subjek penelitian ini. Pengumpulan informasi dilakukan dengan menggunakan tes untuk mengukur profil berpikir kritis dan kreatif siswa serta lembar observasi untuk menilai profil gotong royong. Analisis data menggunakan  kuantitatif dan kualitatif . Hasil menunjukkan peningkatan signifikan per siklus, profil kreatif naik dari 43,3% pada pra-siklus menjadi 80% pada siklus II, profil bernalar kritis meningkat dari 26,7% menjadi 83%, dan profil gotong royong dari 46% menjadi 79%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa hasil penelitian telah mencapai kategori baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...