Sekolah SDN 03 Pontianak Kota Menjadikan Profil Pelajar Pancasila sebagai landasan pengembangan nilai Karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Ada enam dimensi Profil Pelajar Pancasila diantaranya : Beriman, Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak mulia, Berkebhinekaan Global, Bergotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan menggunakan daftar wawancara dan dokumentasi dengan sumber peneliti yaitu guru kelas IV. Tujuan ini untuk mendeskripsikan Keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka Kelas IV di SDN 03 Pontianak Kota serta Hambatan selama proses pelaksanaan P5. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterlaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila berjalan dengan cukup baik. Peserta didik mampu menerapkan dimensi Profil Pelajar Pancasila yang terdapat pada modul projek tema kearifan lokal. Pada kegiatan ini peserta didik diharapkan dapat memiliki jiwa Pancasila dan mengenal serta melestarikan budaya yang ada di lingkungan sekitarnya.
Copyrights © 2024