Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 4 No. 4 (2024): Innovative: Journal Of Social Science Research

Penerapan Model Pembelajara.n Think Pair and Share Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Muara Lakitan

Yusmardella, Yusmardella (Unknown)
Susilo, Agus (Unknown)
Isbandiyah, Isbandiyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Ketuntasan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Muara Lakitan Setelah diterapkan Model Pembelajaran Think Pair and Share. Metode yang digunakan adalah metode kuantitafif, dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini berbentuk One Group Pretest – Postest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VII tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah siswa 125. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas VII A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Jenis instrumen penelitian yang akan digunakan adalah soal yang berbentuk pilihan ganda berjumlah 35 soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif mengunakan uji t Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai Postest rata-rata siswa kelas VII A 84 taraf signifikan a = 0,05. Rata-rata persentase jumlah 86 % atau sebanyak 30 siswa dan uji hipotesisnya yaitu (5,02) > (1,69). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair and Share pada mata pelajaran IPS siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Muara Lakitan signifikan berada pada katagori baik atau signifikan tuntas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...