Pentingnya peningkatkan mutu lembaga pendidikan, tidak bisa terlepas dari upaya perbaikan manajemennya. Komponen yang terpenting dalam pendidikan yaitu bagaimana manajemen pondok pesantrennya, sekolahnya maupun madrasahnya yang perlu untuk adanya perbaikan. Oleh karena itu, Pendidikan pondok pesantren yang berkualitas tidak hanya ditentukan dengan adanya guru, tetapi juga dipengaruhi oleh seluruh personil dan pendidikan elemen, seperti : siswa, manajemen administrasi, kurikulum, visi, dan misi. Ada kemungkinan untuk mengaplikasikan teori manajemen dalam proses penyelenggaraan pembelajaran di sekolah dan madrasah yang berbasis pesantren supaya lembaga pendidikan bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas yang sesuai dengan tuntutan zaman pada saat ini. Oleh karenanya, Total Quality Management tidak hanya diposisikan sebagai strategi dan pendekatan dalam memajukan pendidikan yang berkualitas, tetapi juga diposisikan sebagai sistem integral peningkatan kualitas di pendidikan dan cara hidup dalam mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Implementasi TQM di lembaga pendidikan yang berbasis pesantren harus dilaksanakan sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang memiliki daya saing tinggi. Strategi ini harus dilakukan terus menerus untuk mengoptimalkan kualitas dan produktivitas pendidikan yang berbasis pesantren dengan berpegang teguh pada prinsip agama yang mana harus terus menerus adanya perbaikan.
Copyrights © 2024